Kapten Pnb "Dompak" Hutagalung
Sabtu,
27 April 2019
Sources : Jeppesen , Approach chart Adisoemarmo AFB
Brief
slide Instrument , Komandan Flight Sekbang 97, J-804
Analisa
dan pemahaman Kapten Pnb Galung
Disini akan sy coba jelaskan
langkah-langkap / teknis pelaksanaan VOR Holding dan ILS Approach di Lanud Smo,
sesuai Approach chart dan briefing dari Danflight Sekbang 97. Dimulai dari
leaving training area sampai dengan Runway Inside Khusus bagi siswa sekolah
penerbang (sekbang), apabila ada penjelasan sy yang berbeda teknis nya dengan
apa yang ajarkan oleh Danflight, maka disesuaikan dengan arahan Danflight.
Sebagai
berikut :
1. Leaving area : saat
Instruktur Penerbang (IP) berkata, “ayo pulang / leaving area” :
- Call “request leaving area for ILS approach"
- Alt minimum 3000 ft,
bahkan lebih tinggi (sesuaikan dengan arahan ATC)
- Heading reciprocal area
(contoh : area 32, reciprocal heading nya 1400)
- Intercept Radial Inbond
reciprocal heading area (contoh : intercept Radial Inbond 3200
[additional, agar tidak masuk ke area lain])
- Homing VOR, seting power 50%
- Set course bar 258°, hdg
bar 098°
- Menuju “SLO” 116.3 :
- Cx jarak 4 Nm before, laksanakan transition speed ke
140kts.
- Cx HSI, stby jarum VOR
deflect (over head SLO)
- Over head / deflect
VOR , Call “over SLO” , laksanakan prusedur Entry Holding sesuai arah
datang nya pesawat :
- Direct entry (area 34, 32, 26, 20) :
- Turning Right, bank 2
needle, V 140kts, standby
intercept heading out Bond 258°( bantu dengan meluruskan localizer bar)
- Paralel entry (area 17, 12) :
- Turning L, bank 10° - 20°, ke heading 258° , V 140kts
- Dapat heading 258°,
start Timing 1 menit
- Setelah 1 menit, laksanakan
clearing dan turning Left, bank 2 needle ke initial Heading 028°, untuk intercept VOR (Radial Inbond
258°), on heading 078°
- Dapat heading 0780
pada Radial Inbond 2580, laksanakan Call “Inbond Holding”
- Sampai dengan jarum VOR
deflect, turning Right, bank 2 needle menuju outbond holding 258°
- Tear drop entry (area 04) :
- Turn to heading 228° selama 1 menit, V 140kts
- Setelah 1 menit, turning
Right, bank 2 needle ke hdg inisial 050°, untuk intercept VOR (Radadial Inbond
258°), on heading 078°
- Dapat heading 078° pada
radial Inbond 2580. Call “Inbond Holding”
- Sampai dengan jarum VOR
deflect, turning Right, bank 2 needle menuju outbond holding 258°
- Holding VOR :
- Dapat hdg 258°, start
timing 1 menit, Call “Outbond Holding”
- Setelah 1 menit, laksanakan
clearing, continue turning Right, bank 2 needle, intercept VOR (Rad
inbond 258°), on heading 078°
- Dapat heading 078°, Call
“inbond heading”, standby jarum VOR deflect
- Apabila continue holding , setelah jarum
VOR deflect, laksanakan turning Right, bank 2 needle menuju outbond
holding 258°, dan seterusnya.
- Apabila entry Alt 4000 ft
atau lebih tinggi, maka persiapan untuk descend dengan VVI 1000 fpm
- Apabila di clearance untuk leaving VOR ,
laksanakan :
- Jarum VOR deflect,
turning Right , bank 10°, ke Outbond heading 098°
- Dapat headingg 098°, Call
“Outbond Heading 0980”
- Set course bar ke 098°
- Descend VVI 1000 fpm, ke
Alt 2000 ft kemudian ;
- Sesuai app chart : level flight sampai 8.2 DME (jarak terhadap VOR “SLO” {baca jaraknya di
HSI sudut kanan bawah}). Kemudian laksanakan turning Left, bank 2
needle menuju Inbond heading 258°
- Atau sesuai Danflight : level flight
sampai 5 DME, Call “position 5 DME and request turning to Inbond Heading”.
Selanjutnya level turn to the Left , bank 2 needle, ke heading inisial 300°
- Sambil turning, set
course bar ke 258°, rubah freq ke ILS
“ISLO” 111.5
- Level di heading 300° ,
standby intercept localizer
- Setelah localizer bar mulai
aktif / bergerak ke tengah, continue turning Left, ikuti rate pergerakan
localizer bar, sampai ke heading 258°
- ILS approach :
a.
On heading 258°,
maintain localizer bar segaris degan course bar
b.
Call “Establish Localizer”
- Level flight Alt 2000 ft,
V 140kts, stanby Glide Slope 1 dot below
- Saat 1 dot below
tercapai, cx speed < 150kts laksanakan LG down dan flaps TO. Cx 3 green, handle down dan flaps TO.
- Crossing,
Reduce power ke 20%, continue intercept Glide slope dan localizer, maintain
V 100-110kts, continue descend VVI 700-800 fpm
- Alt 1500ft, cx speed < 114kts, laksanakan flaps
LAND, maintain V 90kts, open Power
30%, call
“RW inside”
- Change to visual recovery, landing normal
- Apabila tidak bisa RW inside pada Alt 1500ft, maka continue descend sampai RW inside, atau sampai level di Alt 600ft [Decision Altitude (Height) /DA(H)]. Dan sampai 0.8 Nm dari ujung RW 26 bila tidak inside RW juga, maka laksanakan Missed App.
- Miss App Procedure, entry seperti proc Go Around, selanjutnya :
a.
Climb, straight and
level,stby Alt ke 3000ft atau sesuaikan arahan ATC
b.
After passing Alt 1500ft,
turning L menuju VOR untuk melaksanakan holding kembali dan menyesuaikan arahan
ATC.
Semoga bermanfaat,
galungs8007@gmail.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar