Sabtu, 27 April 2019

PROSEDUR ILS APPROACH LANUD SMO




Kapten Pnb "Dompak" Hutagalung
Sabtu, 27 April 2019

Sources :    Jeppesen , Approach chart Adisoemarmo AFB
                   Brief slide Instrument , Komandan Flight Sekbang 97, J-804
                   Analisa dan pemahaman Kapten Pnb Galung

      Disini akan sy coba jelaskan langkah-langkap / teknis pelaksanaan VOR Holding dan ILS Approach di Lanud Smo, sesuai Approach chart dan briefing dari Danflight Sekbang 97. Dimulai dari leaving training area sampai dengan Runway Inside Khusus bagi siswa sekolah penerbang (sekbang), apabila ada penjelasan sy yang berbeda teknis nya dengan apa yang ajarkan oleh Danflight, maka disesuaikan dengan arahan Danflight.


Sebagai berikut :

1.   Leaving area : saat Instruktur Penerbang (IP) berkata, “ayo pulang / leaving area” :

    1. Call “request leaving area for ILS approach"
    2. Alt minimum 3000 ft, bahkan lebih tinggi (sesuaikan dengan arahan ATC)
    3. Heading reciprocal area (contoh : area 32, reciprocal heading nya 1400)
    4. Intercept Radial Inbond reciprocal heading area (contoh : intercept Radial Inbond 3200 [additional, agar tidak masuk ke area lain])
    5. Homing VOR, seting power 50%
    6. Set course bar 258°, hdg bar 098°

  1. Menuju “SLO” 116.3 :

    1. Cx jarak 4 Nm before, laksanakan transition speed ke 140kts.
    2. Cx HSI, stby jarum VOR deflect (over head SLO)


  1. Over head / deflect VOR , Call “over SLO” , laksanakan prusedur Entry Holding sesuai arah datang nya pesawat :

    1. Direct entry (area 34, 32, 26, 20) :

      1. Turning Right, bank 2 needle,  V 140kts, standby intercept heading out Bond 258°( bantu dengan meluruskan localizer bar)

    1. Paralel entry (area 17, 12) :

      1. Turning L, bank 10° - 20°, ke heading 258° , V 140kts
      2. Dapat heading 258°, start Timing 1 menit
      3. Setelah 1 menit, laksanakan clearing dan turning Left, bank 2 needle ke initial Heading 028°, untuk intercept VOR (Radial Inbond 258°), on heading 078°
      4. Dapat heading 0780 pada Radial Inbond 2580, laksanakan Call “Inbond Holding”
      5. Sampai dengan jarum VOR deflect, turning Right, bank 2 needle menuju outbond holding 258°

    1. Tear drop entry (area 04) :

      1. Turn to heading 228° selama 1 menit, V 140kts
      2. Setelah 1 menit, turning Right, bank 2 needle ke hdg inisial 050°, untuk intercept VOR (Radadial Inbond 258°), on heading 078°
      3. Dapat heading 078° pada radial Inbond 2580. Call “Inbond Holding”
      4. Sampai dengan jarum VOR deflect, turning Right, bank 2 needle menuju outbond holding 258°

  1. Holding VOR :

    1. Dapat hdg 258°, start timing 1 menit, Call “Outbond Holding”
    2. Setelah 1 menit, laksanakan clearing, continue turning Right, bank 2 needle, intercept VOR (Rad inbond 258°), on heading 078°
    3. Dapat heading 078°, Call “inbond heading”, standby jarum VOR deflect

  1. Apabila continue holding , setelah jarum VOR deflect, laksanakan turning Right, bank 2 needle menuju outbond holding 258°, dan seterusnya.

  1. Apabila entry Alt 4000 ft atau lebih tinggi, maka persiapan untuk descend dengan VVI 1000 fpm

  1. Apabila di clearance untuk leaving VOR , laksanakan :

    1. Jarum VOR deflect, turning Right , bank 10°, ke Outbond heading 098°
    2. Dapat headingg 098°, Call “Outbond Heading 0980
    3. Set course bar ke 098°
    4. Descend VVI 1000 fpm, ke Alt 2000 ft kemudian ;

      1. Sesuai app chart : level flight sampai 8.2 DME (jarak terhadap VOR “SLO” {baca jaraknya di HSI sudut kanan bawah}). Kemudian laksanakan turning Left, bank 2 needle menuju Inbond heading 258°

      1. Atau sesuai Danflight : level flight sampai 5 DME, Call “position 5 DME and request turning to Inbond Heading”. Selanjutnya level turn to the Left , bank 2 needle, ke heading inisial 300°

      1. Sambil turning, set course bar ke 25, rubah freq ke ILS “ISLO” 111.5
      2. Level di heading 300° , standby intercept localizer
      3. Setelah localizer bar mulai aktif / bergerak ke tengah, continue turning Left, ikuti rate pergerakan localizer bar, sampai ke heading 258°

  1. ILS approach :
a.    On heading 258°, maintain localizer bar segaris degan course bar
b.      Call “Establish Localizer”
    1. Level flight Alt 2000 ft, V 140kts, stanby Glide Slope 1 dot below
    2. Saat 1 dot below tercapai, cx speed < 150kts laksanakan LG down dan flaps TO. Cx 3 green, handle down dan flaps TO.
    3. Crossing, Reduce power ke 20%, continue intercept Glide slope dan localizer, maintain V 100-110kts, continue descend VVI 700-800 fpm
    4.  Alt 1500ft, cx speed < 114kts, laksanakan flaps LAND,  maintain V 90kts, open Power 30%, call “RW inside”
    5. Change to visual recovery, landing normal

  1. Apabila tidak bisa RW inside pada Alt 1500ft, maka continue descend sampai RW inside, atau sampai level di Alt 600ft [Decision Altitude (Height) /DA(H)]. Dan sampai 0.8 Nm dari ujung RW 26 bila tidak inside RW juga, maka laksanakan Missed App.

  1. Miss App Procedure, entry seperti proc Go Around, selanjutnya :

a.      Climb, straight and level,stby Alt ke 3000ft atau sesuaikan arahan ATC
b.      After passing Alt 1500ft, turning L menuju VOR untuk melaksanakan holding kembali dan menyesuaikan arahan ATC.


Semoga bermanfaat,
galungs8007@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar